Reruntuhan Taman Air Warungboto

img_0540Hallo Seloers dimanapun anda berada, salam traveling, kali ini Team cah selo main-main nih di reruntuhan taman air Warungboto yang sedang ramai di Instagram, sekalian mengenal sejarah kebudayaan Yogyakarta. Reruntuhan Taman Air Warungboto adalah Sebuah taman air kuno yang indah dan dirancang sangat privat bisa ditemukan di wilayah Warungboto. Taman air itu berada di antara Pesanggarahan Warungboto yang kini tinggal puing. Tepatnya ada di Jl. Veteran, Warungboto, Yogyakarta, Indonesia.

Melewati Jalan Veteran kita akan menjumpai sisa-sisa bangunan seperti rumah, anda mungkin akan melewatkannya saja dan menyangka bahwa bangunan itu merupakan bangunan biasa saja. Tapi, mulai sekarang, anda mesti tahu bahwa bangunan itu cukup bersejarah dan mulai di Renovasi sebab merupakan salah satu pesanggrahan yang dibangun oleh Sri Sultan Hamengku Buwono II dan sekarang sudah di lindungi-undang undang dan dinas kebudayaan untuk pendidikan.

img_0546

Bukti bahwa bangunan tersebut bersejarah adalah termuatnya nama bangunan dalam sebuah tembang macapat yang berkisah tentang Sri Sultan Hamengku Buwono II. Dalam tembang tersebut, bangunan ini tidak disebut dengan nama Pesanggrahan Warungboto sebagaimana banyak orang menyebutnya sekarang, tetapi dengan nama Pesanggrahan Rejowinangun. Secara keseluruhan, tembang macapat itu sendiri bercerita tentang kemajuan yang dicapai semasa Sri Sultan Hamengku Buwono II.

img_9469

Team cah selo berkunjung pada hari jumat siang pukul 14.00 dengan harus bersabar melewati jalan jogja-solo yang sangat padat pada waktu weekend, setibanya di situs Reruntuhan Taman Air Warungboto kita harus parkir di bawah yang masih dikelola oleh masyarakat sekitar, setelah parkir team masih melihat pembenahan di bagian-bagian bangunan yang di kerjakan oleh tukang ahli pemugaran, dan kita diwajibkan untuk mengisi buku tamu. Untuk retribusi masuk hanya membayar parkir sebesar 2000.

BACA JUGA  Rekomendasi Objek Wisata Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Sudah lumayan ramai bangunan tersebut saat ini, terbukti saat team ingin vlog atau berfoto spot yang baik & bagus harus bersabar untuk bergantian, sebenarnya banyak juga bangunan bersejarah lain di Yogyakarta yang perlu kita jelajahi dan di pelajari agar team dan kita semua mengenal sejarah kota Yogyakarta. Untuk lebih jelasnya nih admin sudah sertakan video kita waktu sedang di warungboto.

Itu saja dulu untuk kali ini, ikuti terus perjalanan team cah selo, salam traveling mubeng-mubeng refreshing sakpolee…

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.