Bahasa Pemrograman C++ 02

cpp

Hai pembaca~ apa kabar? Sudah lama gw ga nge post. Maklum orang sibuk *gegayaan dikit*. Kali ini kita akan membikin program C++ pertama.

Sebelum kita membuat program, tentunya kita membutuhkan IDE untuk menulis dan mengkompile code program yang akan kita buat. Disini gw akan menggunakan IDE Dev-C++. Gw menggunakan software ini karena software ini gampang digunakan *siapasih yang mau susah*. Untuk menginstallnya tinggal di “Next” aja, dan ketika sudah terinstall, untuk pertama kali kita menjalankannya kita akan diminta untuk menyetting tampilan dari Dev-C++. Standarnya tinggal di “NEXT” aja.

Oke, langsung aja kita membuat program pertama kita, untuk membuatnya kita harus memilih menu File, New, lalu Source File, atau langsung aja kita mengklik ctrl+N. Setelah itu, kita menuliskan code berikut:

#include <iostream>

using namespace std;

int main() {
cout << “Hello World” << endl;
return 0;
}

Setelah menulis code diatas, untuk menjalankannya kita perlu menyimpannya terlebih dahulu. Untuk menyimpan file klik menu File, dan pilih opsi save. Supaya lebih cepat bisa menggunakan shortcut keyboard ctrl+S. Nama file boleh apa aja.

Kemudian untuk mengcompile dan menjalankan program, klik menu Execute lalu pilih opsi Compile & Run. Tadaaaa~~ program sudah berjalan. Coba buka folder tempat kita menyimpan program tersebut, terdapat 2 file yaitu pertama yang berformat .cpp dan kedua berformat .exe.

Program yang telah tercompile (yang berformat .exe) tersebut bisa dijalankan dengan Command Promt (Disini gw akan menyingkatnya menjadi cmd). Caranya yaitu:

  1. Buka cmd *yaiyalah namanya juga akan membuka dengan cmd* dengan cara ketik tombol windows+R kemudian ketik cmd.
  2. Didalam cmd kita harus menuju folder letak program C++ yang telah kita compile tadi dengan menggunakan perintah cd.
  3. Terakhir kita tinggal mengetik nama program yang telah kita buat tadi, misal nama program tadi adalah “satu”, maka kita hanya perlu mengetik “satu” (tanpa tanda petik 2) kemudian klik Enter. Apabila nama program tadi ada spasi, misalnya “Hello World”, maka kita harus mengetikkan tanda petik 2 tersebut (cukup menambahkan didepan aja. contoh : “Hello World) di cmd lalu klik Enter.

Pada program diatas terdapat code

  • #include <iostream>

Fungsinya adalah untuk memberikan intruksi kepada kompiler C++ agar menyertakan file bernama iostream.h. File ini adalah header file yang disediakan oleh perangkat pemrograman C++. Mengapa #include <iostream> perlu disertakan? Jawabannya adalah karena di bagian fungsi main() terdapat pemakaian cout. Tanpa #include <iostream>, lo ga bisa menggunakan cout. Namun, tentu ga hanya cout aja yang tergantung oleh ni iostream, melainkan juga endl.

  • fungsi int main()

Program C++ paling ga mengandung sebuah fungsi, yaitu fungsi main(). Fungsi ini menjadi awal dan akhir eksekusi program C++.

  • cout << “Hello World” << endl;

Pengenal cout (dibaca: si aut) merupakan suatu objek di dalam C++. Objek ini disediakan oleh C++ untuk mengarahkan data ke standart output (normalnya adalah layar). Tanda << merupakan suatu operator yang disebut operator “penyisipan/peletakan”. Operator ini akan mengarahkan operand (data) yang terletak di sebelah kanannya ke objek yang terletak di sebelah kiri. Pada contoh pernyataan diatas, konstanta string “Hello World” diarahkan ke cout, yang memberikan hasil berupa tampilan string tersebut ke layar. Kemudian endl merupakan code untuk pindah baris.

  • using namespace std;

Pernyataan using namespace std; diperlukan untuk membuat penyederhanaan notasi seperti std::cout agar dapat ditulis menjadi cout aja dan std::endl menjadi endl aja.

  • return 0;

Code ini merupakan pernyataan untuk menentukan nilai balik, yaitu berupa “0”.

BACA JUGA  Cara Membuat SSH Tunneling VPS dapat di Share

Cukup sekian nulisnya kali ini. Dari program simple seperti itu penjelasaanya panjang juga.. Huehue.. *Sing pala barbi* #biarkekinian

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *