Bahasa Pemrograman C++ 01

cpp
Hai pembaca seloers, mimin memetz ingin membagi sedikit ilmu tentang bahasa pemrograman C++(dibaca : si ples ples).

Sebelum membuat program, mimin mau menceritakan sejarah singkat lahirnya bahasa pemrograman C++.

Bahasa pemrograman C++ merupakan bahasa turunan dari bahasa pemrograman C. C adalah bahasa pemrograman yang dapat dikatakan berada antara bahasa beraras rendah (bahasa yang berorientasi kepada mesin) dan bahasa beraras tinggi (bahasa yang berorientasi pada manusia). Pencipta bahasa pemrograman C adalah Brian W. Kernighan dan Dennis M. Ritchie sekitar tahun 1972.

Salah satu kelemahan bahasa pemrograman C adalah bahasa pemrograman C merupakan bahasa yang masih tergolong susah untuk dipelajari karena masih bersifat prosedural murni. Untuk membentuk satu objek, kita harus melakukan banyak sekali penulisan kode. Untuk mengatasi kelemahan ini, pada tahun 1983 seorang doktor bernama Bjarne Stroustrup yang bekerja di laboratorium Bell AT&T menciptakan bahasa pemrograman baru yaitu bahasa pemrograman C++. Bahasa pemrograman C++ didasarkan atas bahasa pemrograman C sehingga kita dapat melakukan kompilasi program-program yang ditulis dalam bahasa pemrograman C dengan menggunakan compiler bahasa pemrograman C++. Keistimewaan bahasa pemrograman C++ adalah karena bahasa ini mendukung pemrograman berorientasi objek (PBO) atau lebih sering dikenal dengan istilah Object Oriented Programming (OOP).

Bahasa pemrograman C++ mulai dikembangkan sejak tahun 1979 oleh Bjarne Stroustrup di Laboratorium Bell. Setelah beberapa tahun, pengembangan bahasa pemrograman C++ terus berlanjut dan mendapat standarisasi oleh ISO (badan standarasisai internasional). Standarisasi pertama pada tahun 1998 dengan nama standar ISO/IEC 14882:1998 yang secara nonformal dikenal dengan istilah C++98. Dalam standarisasi ini ditambahkan fitur-fitur baru seperti template, namespace, exception handling, dan lain-lain. Standarasisasi kedua pada tahun 2003 dengan nama standar ISO/IEC 14882:2003 yang dikenal dengan istilah C++03. Tidak ada penambahan fitur baru dalam C++03. Standar ini hanya melakukan perbaikan “bug” pada C++98 agar bisa lebih portabel dan konsisten. Terakhir. tahun 2011, tepatnya pada tanggal 12 Agustus, C++ mengalami revisi dan standarisasi ulang dengan nama standar ISO/ICE 14882:2011 yang dikenal dengan istilah C++11 atau C++0x. Cukup banyak fitur yang ditambahkan ke dalam C++11 dari C++03. Fitur-fitur yang ditambahkan antara lain fasilitas multithreadding, tuple, perluasan bentuk pengulangan for, dan lain-lain.

BACA JUGA  Cara Membuat SSH Tunneling VPS dapat di Share

Tampaknya cukup sekian sejarah singkat tentang C++. Untuk membuat program pertama akan mimin lanjutkan di post Bahasa Pemrograman C++ 02.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *