Mitos Yang Beredar Tentang Penggunaan Baterai Smartphone Terbaru

Era kekinian, yang namanya smartphone terbaru, hari demi hari kian menjamur. Rilis dengan bermacam versi, plus harga minimalis yang mulai terjangkau oleh kaum low-end. Seiring berjalannya fenomena ini, banyak cerita ataupun mitos yang banyak beredar di masyarakat era linimasa. Sebenarnya mitos tentang penggunaan ponsel itu sudah ada sejak dulu, hanya saja semakin menggerusnya teknologi, kini hal tersebut muncul kembali. Inilah beberapa mitos yang diantaranya masih hangat diperbincangkan akhir-akhir ini.

Mitos Yang Beredar Tentang Penggunaan Baterai Smartphone Terbaru

Smartphone Terbaru

# Mitosnya, ketika pertama kali membeli handphone terbaru itu harus di charge selama 8 Jam

Anjuran tersebut sering disampaikan mbak- mbak counter ketika pertama kali membeli handphone ataupun smartphone terbaru. Namun apakah saran tersebut perlu dilakukan? Menilik pada buku pedoman yang ada, ditinjau dari segala merk gadget terbaru, tidak ada anjuran yang menyebutkan kalau smartphone tersebut harus di-charge selama 8 jam.

# Faktanya, untuk pengecasan pertama kali itu tidak perlu sampai 8 Jam. Sejatinya pengecasan itu dilakukan pertama kali pada kondisi mati dan indikator baterai terlihat penuh dengan jeda waktu 1-2 jam. Mengapa diberi jeda waktu? Jeda waktu 1-2 jam berfungsi untuk memberikan jeda waktu kepada sel-sel baterai aktif kembali, bukan sampai 8 jam.

Alasan mengapa pengecasan tidak dilakukan selama 8 jam sebenarnya sudah jelas. Kelebihan muatan menjadi faktor utama akan hal ini. Muatan arus yang berlebih atau over charge biasanya akan menyebabkan baterai menjadi gemuk. Meskipun teknologi memutus arus secara otomatis yang dibenamkan di smartphone terbaru sudah semakin canggih, namun tetap saja memiliki resiko over charge.

Mitos Yang Beredar Tentang Penggunaan Baterai Smartphone Terbaru

Merk gadget terbaru

## Mitosnya, kalau ingin mengecas handphone atau smartphone terbaru  itu harus benar-benar dalam kondisi habis

Biasanya mbak-mbak counter atau bahkan penjual handphone terbaru yang sudah lama buka lapak menyarankan untuk charge baterai dalam keadaan benar-benar habis. Alibinya kalau di-charge sebelum baterai benar-benar habis dapat menyebabkan berkurangnya kapasitas baterai.

## Faktanya, kondisi ini sudah tidak berlaku lagi sekarang. Untuk jenis baterai yang digunakan oleh mayoritas merk gadget terbaru, entah itu smartphone maupun tablet, sudah berteknologi Li-Ion yang dapat dicas kapan saja.

Baterai yang berjenis Li-Ion dapat dicas kapan saja, tidak perlu menunggu sampai benar-benar habis. Malahan sebaliknya, untuk baterai jenis ini sebaiknya jangan dibiarkan sampai mati total karena dapat menyebabkan kerusakan sel-sel baterai.

### Mitosnya, kalau ngecas handphone atau smartphone baru itu harus sampai full

### Faktanya, banyak orang bilang kalau mengisi baterai itu harus sampai 100% baru dilepas. Namun dilain pihak juga ada yang mengatakan tidak masalah bila dicabut kapan saja. Untuk 1 sampai 3 kali pengecasan pertama memang sebaiknya harus sampai full, namun untuk pengecasan selanjutnya tidaklah harus dilakukan.

Bila kondisi dan waktunya memungkinkan, isilah baterai sampai 100 %. Namun bila tidak bisa, hal ini tidak akan merusak baterai. Menariknya lagi, faktor jenis baterai Li-Ion tersebut membuat proses pengisian menjadi lebih fleksibel. Berkaca pada merk gadget terbaru lain yang menggunakan baterai jenis ini, ambil contoh saja laptop rumah yang menggunakan aplikasi penghemat baterai, terpantau lebih awet dengan setingan isian full 70%. Selebihnya baterai akan berhenti mengisi meski terhubung listrik. Secara tidak langsung, perbedaan jenis gadget namun dengan kondisi jenis baterai yang sama, sepertinya prinsip tersebut juga berlaku pada piranti ponsel.

Mitos Yang Beredar Tentang Penggunaan Baterai Smartphone Terbaru

Mitos Yang Beredar Tentang Penggunaan Baterai Smartphone Terbaru

Tips cah selo untuk anda yang ingin menjaga pemakaiann baterai smartphone baru agar lebih awet dan tahan lama:

  1. Selalu cek dan jaga kebersihan baterai anda dari deru debu yang menggangu. Baik itu merk gadget terbaru atau apapun, bersihkan.
  2. Jauhkan dari tempat yang sembab, sempit dan lembab. Hal ini dapat memicu jamur yang membandel pada smartphone terbaru anda.
  3. Jika anda bermobil, jauhkan ponsel pintar anda dari dashboard mobil. Baterai sensitif akan hal ini. Labilnya temperatur mempengaruhi umur baterai yang peka terhadap suhu sekitar.
  4. Jika anda di-basement, atau ditempat yang banyak cor-coranya alangkah baiknya layanan data ponsel anda dimatikan. Lebih baik lagi apabila dimatikan sekalian. Totalitas.
  5. Memiliki smartphone terbaru pasti menimbulkan rasa riya’. Ini terlihat dari setingan ringtone atau nada dering yang diset maximum dan nada getar yang diset powerfull. Sekilas terlihat wah, namun usia baterai anda tidak akan bertahan lama. Sebaiknya jangan gunakan nada dering dan nada getar bersamaan.
  6. Jika anda tidak sedang bertukar data atau disekitar anda tidak ada jaringan internet gratis, matikan bluetooth dan wifi anda.
BACA JUGA  Mengatasi Flashdisk Toshiba yang Terbaca 4Mb

 

Sekian. Semoga bermanfaat.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.