Cara Membuat SSH Tunneling VPS dapat di Share

centos

hae seloer… ketemu lagi sama mimin kebo di minggu pagi yang cerah ini… hohohoho…. mimin kebo ingin berbagi cara share account ssh tunneling vps. mungkin yang sering menggunakan linux apalagi yang hanya menggunakan command line pasti tidak asing dengan istilah tunneling. bisa di bilang tunneling ini sebenarnya untuk me remote vps kita. tetapi bisa di buat untuk mengganti ip koneksi kita dengan ip vps kita. jadi semacam pengalihan gitu

membuat account untuk tunneling sama dengan membuat account di linux biasa hanya saja sedikit ditambahkan sedikit cara agar tidak sembarangan user bisa masuk menjadi root.. siapkan putty kamu untuk masuk ke vps, login sebagai root. agar lebih enak editingnya gunakan pico editor. setting port cadangan agar kalau port yang biasa di pakai tidak bisa di gunakan ada port2 lain yang bisa di gunakan.

pico /etc/ssh/sshd_config

nanti tampilan nya seperti ini:

SSH-port-80

setelah ditambahkan port2 cadangan restart vps kita

service sshd restart

sudah sekarang jika ada port trouble kita masi punya port cadangan. karena jika port 1 tertutup bisa menggunakan port lain. nah setelah port kita beralih ke grup. kita buat grup nya dulu sebelum membuat user.. membuat grup supaya lebih gampang dalam menyeting akun nya..

groupadd  mainan

diatas nama “mainan” merupakan nama grup yang akan di gunakan.. setelah membuat grup kita membuat user. disini user yang di buat bukan sebagai root.. jadi privilage nya kita batasi hanya untuk login tunneling saja…

useradd -d /home/tapir -m -g mainan -s /bin/false tapir

user “tapir” diatas kita masukkan ke grup “mainan” agar tidak dapat mendapat akses root di belakang kita masukkan ke shell /bin/false.

BACA JUGA  Memberi Password pada Aplikasi Android

setelah user di buat kita kasi password di user tapir tadi.

passwd tapir

isikan pasword untuk user tapir tadi..

selesai sudah membuat user. jika ingin menambah tinggal ulang lagi langkah useradd. user ssh/esteh kamu sudah bisa di gunakan.. baik memakai putty atau bitvise.

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *