Etika Dalam Menulis Blog

Assalamualaikum Wr Wb.

Sedikit berbagi informasi buat brosis sekalian yang suka baca blog apalagi buat yang punya blog dan sering memposting info di halaman blognya. Tidak sembarangan brosis. Iya brosis nggak bisa seenaknya sendiri main post gitu saja. Semuanya ada aturan main dan etikanya.

Mengutip dari pikiran-rakyat.com:

… Yang tertulis, tentunya berkaitan dengan implikasi hukum dari sebuah tulisan yang dipublikasi melalui blog. Sejumlah aturan hukum menjadi ‘alat pemaksa’ bagi para pengguna internet agar lebih berhati-hati dalam menulis di blog mereka. Di Indonesia ada Undang-Undang ITE, Undang-Undang Pers, dan KUHP yang bisa menjerat penulis blog yang dianggap melanggar hukum. Tentunya apa yang telah disepakati oleh para Blogger pada kesempatan itu, tentunya akan membawa aura positif baru dalam dunia penulisan online di Indonesia.

Nah nggak mau kan dianggap melanggar hukum dan berurusan dengan hukum. Itu dari hukum yang tertulis brosis, sudah ada yang nentuin. Ada juga aturan yang dilihat dari segi keindahan/ etis atau tidak. Yap langsung saja, berikut saya kutip 12 Butir Kesepakatan Etika Dalam Menulis Blog:

  1. Menghargai dan menjunjung tinggi perlindungan Hak Kekayaan Intelektual dengan menghindari plagiarisme, pembajakan, dan selalu mencantumkan sumber setiap kali mengutip karya orang lain.
  2. Tidak mendiskreditkan pihak lain dan selalu berkomitmen untuk menulis secara proporsional.
  3. Tidak menampilkan tulisan atau gambar yang mengandung unsur pornografi.
  4. Selalu berbagi pengetahuan dan kebaikan melalui blog masing-masing.
  5. Tidak berprasangka dan hanya menulis berdasarkan fakta yang diyakini bisa dibuktikan serta tetap dengan menjunjung tinggi etika kesopanan dalam menulis.
  6. Tidak melakukan spamming melalui kolom komentar.
  7. Tetap menjaga kesopanan dan rasa saling menghormati dalam memberikan komentar pada blog yang dikunjungi.
  8. Tidak melakukan hack pada website atau blog lain.
  9. Tidak menampilkan tulisan atau gambar yang mengandung unsur SARA.
  10. Menggunakan bahasa yang baik dalam menulis.
  11. Tetap menjunjung tinggi kebebasan berekspresi dalam menulis tetapi tidak melanggar hak-hak orang lain.
  12. Bersedia meralat informasi yang telah ditulis dalam blog jika di kemudian hari terdapat kesalahan dalam memuat tulisan di blog.
BACA JUGA  Disimpan Dalam Kotak, Paru-Paru Cangkokan Ini Tetap Bernapas

Ya, berada di posisi nomor satu (biasanya sih yang nomor satu yang paling penting.:D) yaitu mencantumkan sumber. Ibarat kalo mau masuk rumah harus ketuk pintu dan ucap salam. Kalo main nyelonong aja kan nggak sopan kan ya atau bahkan dikira maling. Saya merasa miris ketika seorang blogger sama sekali tidak mencantumkan sumber ketika tulisan maupun konten yang akan ia posting adalah hasil karya orang lain. Bahkan yang lebih parah lagi dia mengklaim itu adalah tulisannya sendiri atau karyanya sendiri. Stop plagiarisme brosis. Kalau konten tidak original milik kita, setidaknya cantumkanlah sumber. Bahkan jika perlu minta ijin ke pemiliknya. Hargailah mereka yang berilmu, karena ilmu itu mahal harganya. Hargailah usaha mereka, karena mereka berusaha lebih dahulu daripada kita.

Dari bacaan lain yang saya dapat juga tidak jauh berbeda poin-poinnya.

Mengutip dari okezone.com:

” …

Di bawah ini, hal-hal penting yang tidak tertulis tetapi saya yakin dapat disetujui oleh para blogger untuk melindungi diri mereka sendiri dan agar terhindar dari masalah yang tidak perlu.

  • Mencantumkan Sumber.

Seringkali kita mendapatkan informasi dari berbagai media online lain pada saat ingin menulis di blog. Secara hukum, mengutip beberapa kata memang tidak akan melanggar hukum, dan dalam UU HAKI masih termasuk kategori yang disebut ‘Fair Use’.  Akan tetapi, secara etika dan moral, jika ingin mengutip, cantumkan sumber yang kita kutip, misalnya : nama penulis, dan alamat web atau blog di mana kita mengutipnya, jika memungkinkan gunakan ‘link back’.

  • Meminta Izin.

Meski mengutip beberapa kata atau kalimat masih masuk dalam kategori ‘Fair Use’ sesuai dengan UU HAKI, akan tetapi tidak menutup kemungkinan pemilik aslinya akan berkeberatan dan menimbulkan masalah di belakang hari. Meminta ijin dari pemilik tulisan/foto/gambar akan lebih baik dan lebih beretika mengingat kita sendiri pun belum tentu akan suka jika karya kita dicopy atau dipakai orang lain tanpa ijin.

  • Bebas Tetapi Tidak Melanggar Hak Orang Lain.
BACA JUGA  Id String Otomatis pada PHP

Jangan karena beranggapan blog ini adalah blog pribadi kita, maka kita bebas menulis dan memposting apa saja tanpa batas (tulisan, foto, gambar, lagu) dan melanggar hak orang lain. Perlu kita tanamkan dalam pikiran dan hati kita, bahwa pengunjung blog bisa siapa saja dan datang dari mana saja. Hindari hal-hal yang melanggar hak orang lain.

… “

Sudah jelas kan brosis betapa pentingnya menghargai hak cipta orang lain. Lihat saja perusahaan besar seperti Apple.inc dan Samsung sampai bersitegang karena masalah hak cipta.

Hmm. piye yo. Wes pokoke nek nulis kasih sumber. Ngono wae. 😀

Sekian dulu brosis. Semoga berguna. Maaf kalo banyak salah.

Wassalamualaikum Wr Wb.

Sumber: pikiran-rakyat.com, okezone.com

Komentar

komentar

2 Comments
  1. Parman
    • admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *